BlackBerry Terancam Program Jahat Zeus

20 Mar 2011

bblackberry-torch-9800

Program jahat Zeus Trojan tengah mengancam handset BlackBerry. Gejala ini dilaporkan oleh perusahaan keamanan komputer, Trend Micro. Mereka mengidentifikasi varian Zeus BBOS_ZITMO.B, yang dinyatakan cukup sukar terdeteksi.

“Seperti variannya di desktop, Zeus yang ini tidak menampilkan sesuatu di user interface perangkat. Ia menghapus dirinya sendiri dari daftar aplikasi dengan tujuan agar tidak dapat terdeteksi,” kata Patrick Estavillo, analis di Trend Micro.

Sekali Zeus itu terinstall di handset, dia mengirim pesan konfirmasi ke administratornya. Ujung-ujungnya, BlackBerry yang terinfeksi bisa dikontrol pihak lain. Tujuan Zeus Trojan ini adalah memonitor informasi privat user, terutama ketika pengguna melakukan transaksi online banking.

Lalu, apa akibatnya jika BlackBerry terinfeksi trojan tersebut? Menurut Estavillo, program jahat ini memungkinkan penyerangnya mengirim pesan jahat ke handset, memblokir panggilan, mengubah administrator handset atau mematikan ponsel.

OS BlackBerry bukan satu-satunya target serangan Zeus. Estavillo tak lupa memperingatkan bahwa varian lain yang memiliki ciri sama telah coba menyerang smartphone berbasis OS Symbian dan Windows Mobile.

“User diharapkan membuat perangkat mobile mereka tetap aman, dan waspada dalam menginstall aplikasi atau mengklik link yang dikirim user tidak dikenal, karena ini mungkin membuat mereka men-download aplikasi jahat,” demikian wanti-wanti Estavillo.


TAGS virus gadget blackberry zeus News


-

Author

Follow Me